ETIKA
PROFESI
(YAYASAN
BINA MUTU BANGSA)
Disusun
Oleh:
Nama Anggota :
1.
Aril
Bahtiar /
31411155
2.
Gumilar
Kusumadiwirya / 33411106
3.
Mada
Samodra. Q / 34411228
4.
M.
Ichwan. N /
34411216
5.
Michael
Marvian / 38411345
6.
Rosa
Amelia /
36411459
7.
Sari
Faristia /
39411289
Kelas : 4ID01
JURUSAN
TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2015
LEMBAGA BINA MUTU
BANGSA
PUSAT PELATIHAN PROFESI
PARIWISATA DAN PERHOTELAN
A. LATAR BELAKANG
Kemampuan suatu perusahaan untuk bersaing secara global
lebih banyak ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan itu
sendiri. Makin baik kualitas SDM sebuah perusahaan, makin besar pula harapan
untuk menjadikan perusahaan tersebut sebagai pemain sekaligus pemenang
persaingan. Sebaliknya, makin buruk kualitas SDM suatu perusahaan, walaupun
ditunjang dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan mutakhir, makin berat
pula upaya membangun citra dan nama baik perusahaan tersebut.
Salah satu cara yang dapat dipilih oleh suatu perusahaan
untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas adalah dengan
mengembangkan serta meningkatkan kemampuan SDM perusahaan tersebut. Melalui
Program Pelatihan dan Pendidikan terpadu yang sesuai dengan kebutuhan, SDM
suatu perusahaan akan terbina dan produktif dalam jangka waktu relative
panjang.
Upaya keras yang telah dilakukan oleh setiap perusahaan
dalam meningkatkan kualitas SDM yang mereka miliki, agar dapat memberikan
pelayanan secara professional, tidak jarang terhambat oleh kendala-kendala,
seperti :
1. Kurang tersedianya personil yang secara
khusus dan intensif menangani program pelatihan.
2. Tidak cukup tersedianya perangkat lunak
pelatihan seperti : text book, test material, assessment material, dan
lain-lain yang secara kualitatif integral dan standar memenuhi kebutuhan
pelatihan.
3. Rendahnya minat karyawan untuk secara
khusus mengikuti program pelatihan yang diadakan sehubungan dengan tidak adanya
waktu khusus yang disediakan oleh perusahaan.
4. Terbatasnya dana yang dianggarkan untuk
menyelenggarakan program pelatihan secara khusus.
Berdasarkan pemikiran tersebut diatas, Lembaga
Pengembangan Profesi Pariwisata dan Perhotelan Bina Mutu Bangsa, sebagai
lembaga yang peduli pada pengembangan ilmu dan keterampilan di bidang
Hospitality Industry, menawarkan program pelatihan yang dirancang khusus pada
konsentrasi materi yang berhubungan dengan kegiatan di Hotel, Restoran, Café,
Rumah Sakit serta usaha lain yang bergerak di bidang Hospitality Industry.
Kita semua pasti pernah mendengar ungkapan diatas, bahwa
disitu kita lihat betapa besar peranan ilmu pengetahuan dalam kehidupan
manusia. Untuk indonesia bahkan dijadikan tujuan bangsa yaitu dengan jargon
mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahwa harga diri bangsa ditentukan dari seberapa
besar kemampuan pengetahuan generasinya.
Berawal dari pemikiran bahwa tanpa pendidikan yang cukup
kita tidak bisa mencapai tujuan dengan maksimal. Oleh karena itu kami
mendirikan Bina Mutu Bangsa. Satu lembaga yang berisi praktisi dibidang
pendidikan yang berorientasi untuk mencerdaskan generasi dengan pendidikan.
Dengan mendirikan lembaga ini kami bermaksud bersinergi dengan dunia pendidikan
formal yang sudah berjalan mapan di Indonesia.
Sebagai lembaga pendidikan non formal Bina Mutu Bangsa
menyediakan fasilitas dan materi untuk mendukung dunia pendidikan formal.
Dengan pengalaman serta dedikasi sebagai
praktisi dan pengajar di salah satu universitas terkemuka di Jakarta dan
tentunya sangat memahami dunia pendidikan di Indonesia, bahwa umumnya institusi
formal menyamaratakan kemampuan siswa dengan menganggap semua siswa memiliki
kemampuan yang merata. Padahal sebenarnya tidak semua orang memiliki kemampuan
yang sama. Kami sangat menyadari bahwa setiap individu memiliki keterbatasan
yang terkadang menghalangi dia untuk menunjukan siapa dirinya. Bersama Bina
Mutu Bangsa kami berharap bisa mewujudkan harapan generasi muda yang ingin
menunjukan kemampuan disegala keterbatasannya.
Kepedulian kami tidak hanya untuk dunia pendidikan saja,
kami sangat sadar bahwa salah satu nama baik bangsa bisa diberikan dari kesan
yang ditimbulkan. Kesan yang dimaksud adalah kenangan yang didapat ketika orang
berkunjung ke Indonesia. Hal ini berkaitan dengan dunia pariwisata, kami
sepenuhnya sadar bahwa dalam 20 tahun kedepan pariwisata akan menjadi sumber devisa
yang luar biasa bagi Indonesia, jamrud khatulistiwa yang gemah ripah loh
jinawi.
Untuk itulah kami Bina Mutu Bangsa menyediakan program
pelatihan kepada praktisi pariwisata indonesia agar dapat melayani dengan
prima. Dengan pelayanan yang prima maka akan dihasilkan kesan yang baik
pula akan Indonesia. Program pelayanan
prima kami dinamakan HORESTRA, singkatan dari Hotel Resort Training Aplikatif.
Artinya pelatihan ditujukan kepada insan pariwisata yang ada di bisnis
akomodasi atau yang berkaitan dengan penyelenggaraan pariwisata, mewujudkan itu
semua kami melibatkan pengajar yang memang berkompeten dengan pengalaman
minimal 10 tahun di dunia perhotelan dan restoran. Harapannya kematangan para
pengajar akan mampu menyikapi permasalahan yang terjadi dan mampu memberikan
soslusi yang tepat sehingga dapat diciptakan kemampuan yang prima dalam
melayani.
Selain pendidikan dan pelatihan kami mampu untuk
menyelenggarakan perjalanan wisata dan pengorganisasin acara yang bersifat
penting dan membutuhkan sumber daya yang kompeten dibidang tesebut. Pengalaman
5 tahun mengorganisasikan tour membuat kami yakin bisa menyelenggarakan
perjalanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.
B.
VISI DAN MISI LEMBAGA
VISI
|
Mewujudkan lembaga kursus terbaik di
indonesia yang sesuai dengan kebutuhan industry dan mampu bersaing dengan
kursus lain di asia
|
MISI
|
1.
Memberikan kontribusi yang
bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pembentukan
karakter kelulusan yang memiliki tanggung jawab social
2.
Menawarkan program-program yang
inovatif dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek selaras
dengan dunia industri
3.
Mengembangkan kurikulum, silabus
dan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan standard internasional
|
C.
LEGALITAS LEMBAGA
Nama Yayasan
|
YAYASAN BINA MUTU BANGSA
|
Kantor Pusat
|
Jalan Delima I Blok E1 No.4 Cisalak
Pasar Cimanggis Depok
|
Kantor Cabang
|
Jalan Alternative Cibubur Ruko
Kranggan Permai Blok RT 16 No. 24 Cibubur
|
Akta Pendirian
|
Notaris Ilmiawan Dekrit S, SH. No. 46
tanggal 25 April 2008
|
Pengesahan Kehakiman Hak Asazi Manusia
Republik Indonesia
|
No. AHU-2943.AH.01.02. THN 2008
Tanggal 25 April 2008
|
Surat Perizinan
|
Dinas Pendidikan No. 421.9/365PLSDisdik/2008
|
D.
KURIKULUM
E.
STRUKTUR ORGANISASI
F.
TEAM INSTRUKTUR
G.
HUBUNGI KAMI
Kantor Pusat
|
Jln Delima I Blok E1 No.4 Cisalak
Pasar Cimanggis Depok 16452
|
Kantor Cabang
|
Jln Alternative Cibubur Ruko Kranggan
Permai Blok RT 16 No. 24 Cibubur
|
Telepon & Fax
|
(021) 873 2044
|
Contact Person
|
Sardewi (0816 1189 515), Windu (0827 73690 826)
|
Alamat Email
|
Ø Tanggapan saya (Rosa Amelia “36411459”):
Tanggapan saya mengenai program
pelatihan profesi pariwisata dan perhotelan pada Lembaga Bina Mutu Bangsa
sangat diperlukan oleh suatu perusahaan untuk memberikan kontribusi yang
bermanfaat bagi kemajuan bangsa yang dilakukan dengan kursus-kursus yang telah
teruji dengan baik, yang dibuktikan dengan Pengesahan Yayasan Menteri Hukum dan
Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Surat Izin Menyelenggarakan Kursus, dan
banyak sekali pembuktian prestasi yang memperlihatkan mutu yang baik dari
lembaga tersebut. Lembaga-lembaga seperti itu sangat dibutuhkan perusahaan
untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik.