Senin, 27 Oktober 2014

TUGAS 2 KEWIRAUSAHAAN


Tugas: Ciri-Ciri Intrepreneur
Nama: Rosa Amelia
Kelas: 4ID01
NPM: 36411459

CIRI-CIRI INTREPRENEUR

Untuk dapat memahami makna dari pengusaha atau yang sering disebut dengan entrepreneur, maka harus menggali lebih dalam pengertian interpreneur secara mendalam, cara untuk menggali pengertian interpreneur adalah membuka pikiran dan fokus untuk memulai. Berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa pengertian dari interpreneur, yaitu menurut PETER F. DRUCKER dan ZIMMERER  :

·     Interpreneur menurut PETER F. DRUCKER:
Kewirausahaan mereupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

·     Interpreneur menurut ZIMMERER:
Kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha).


CIRI-CIRI INTERPRENEUR:
Interpreneur atau pengusaha memiliki cirri-ciri yang dapat membedakannya dengan orang lain (bukan interpreneur), berikut ini cirri-ciri yang membedakan interpreneur dengan orang lain:

·     Mempunyai keyakinan yang kuat
Cirri-ciri yang ke enam ini sering sekali terlupakan oleh orang lain. Intrepeneur atau pengusaha memiliki kepercayaan bahwa sebenarnya kegagalan itu tidak pernah ada. Bagi mereka para pengusaha yang ada hanyalah rintangan besar, sangat besar dan rintangan kecil. Sebuah kegagalan hanya dapat muncul pada orang-orang yang tidak berusaha untuk mencari jalan keluar dari masalah yang dialaminya. Akan tetapi dengan menganggap bahwa semuanya hanya sebuah rintangan, seorang pengusaha selalu memiliki rasa optimis bahwa semua rintangan bukanlah akhir dari segalanya dan pasti ada jalan keluar untuk dapat menghancurkan segala rintangan tersebut.

·     Selalu mencari yang terbaik
Selalu melakukan usaha untuk melakukan hal yang terbaik agar dapat memberikan hasil yang terbaik bagi para konsumennya, itulah yang yang terdapat dalam diri seorang pengusaha, mereka cenderung untuk perfectionist. Karena para pengusaha mempunyai tujuan untuk mencari suatu cara yang paling baik agar para konsumen tidak merasa kecewa dengan pelayanan yang dilah diberikan.

·     Disiplin waktu untuk pemenuhan target
Kedisiplinan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi seorang pengusaha, bagi mereka waktu yang telah terbuang berarti telah membuang kesempatan atau peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu benar jika ada pepatah yang mengatakan “time is money” karena jika banyak waktu yang terbuang sama halnya dengan melewatkan begitu saja banyak peluang untukmendapatkan penghasilan. Oleh karena itu seorang pengusaha selalu disiplin  dalam segala hal agar dapat mencapai target yang mereka tentukan.

·     Memiliki kemampuan untuk memimpin
Seorang pengusaha merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri serta pemimpin bagi karyawan-karyawannya. Dengan mempunyai jiwa kepemimpinan maka seorang pengusaha dapat memotivasi dirinya sendiri dalam hal pengambilan keputusan. Selain itu ketika menjadi seorang pengusaha maka secara tidak langsung Anda juga harus siap menjadi seorang pemimpin  yang baik untuk karyawan-karyawan Anda, karena para karyawan berkaca pada diri Anda. Jadilah seorang teladan yang baik untuk para karyawan Anda, srta berikan dorongan pada meraka agar bisa memberikanyang terbaik bagi pada konsumen.

·      Pantang menyerah
Cirri-ciri yang terakhir yaitu pantang menyerah, seorang pengusaha mempunya visi serta semangat juang yang amat besar. Para pengusaha pantang untuk menyerah pada hambatan yang ada, tidak mengenal putus asa untuk selalu menciba memberikan yang terbaik untuk konsumen-konsumennya. Apabila menemukan jalan buntu maka seorang pengusaha tidak akan tinggal diam begitu saja saat menemukan kegagalan. Mereka akan berusaha mencari jalan alternative agar dapat meraih segala impiannya.

·     Memiliki mimpi besar
Seorang intrepeneur/pengusaha pada umumnya pasti mempunyai impian yang besar, mereka mempunyai mimpi besar dan menjalankan mimpi tersebut demi mencapai mimpi besar yang dimilikinya. Mimpi besar yang mereka miliki merupakan tujuan dari usaha keras yang dilakukannya. Seorang pengusaha dalam mengambil sebuah keputusan aka berusaha menyesuaikan dengan mimipi besar yang dimilikinya. Maka segala kesempatan atau peluang usaha yang dijalaninya akan lebih terarah dan berhasil dalam mencapai kesuksesan. Impian dari seorang pengusaha bukan hanya sekedar menjadi seorang pegawai, tetapi dia memiliki cita-cita yang amat besar untuk menciptakan sendiri lapangan kerja yang baru yang dapat memperkerjakan masyarakat.

·     Pandai mengatasi ketakutan
Banyak sekali orang yang masih takut untuk mengambil resiko, namun seorang intrepreneur tidak akan memiliki perasaan ini. Mereka mempunyai kepandaian dalam mengontrol dan mengelola rasa takutnya dan menumbuhkan rasa keberanian untuk membuang segala kenyamanan yang ada, dan mereka memilih untuk menghadapi sebuah resiko namun tetap diserta dengan keberanian dalam menghadapi resiko tersebut dengan sebuah perhitungan yang matang. Sehingga seorang pengusaha tidak hanya bermodal nekad saja tetapi juga harus berani untuk bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya.

·     Mempunyai cara pandang yang berbeda
Seorang pengusaha selalu melihat sebuah masalah, kesulitan, keadaandi lingkungan sekitarnya, perubahantrend serta kejadian yang sedang ia hadapi saat ini, semua itu dilakukan  untuk memunculkan kreativitas guna menciptakan banyak ide bisnis serta konsep bisnis yang mempunyai prospek cukup cemerlang. Selain itu juga semua kejadian yang ada di sekeliling kita menjadi sebuah ide bagi mereka  yang kemudian dijadikan sebagai peluang untuk usaha yang baru yang menjadi impiannya.

·      Pemasar sejati atau penjual ulung
Seorang pengusaha juga mempunyai kemampuan dalam menyusun segala strategi dalam memasarkan bisnisnya, sehingga dalam mendirikan sebuah bisnis bisa semakin cepat pertumbuhan yang dialami. Tanpa diserta kemampuan ini, orang-orang yang memulai sebuah usaha akan mendapatkan beban yang lebuh berat sehingga memubutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai segala impiannya.

·     Menyukai tantangan
Banyak sekali orang yang memilih untuk tetap bertahan di zona aman, akan tetapi seorang pengusaha tidak suka berlama-lama dengan kegiatan-kegiatan yang monoton. Seorang pengusaha lebih suka mempergunakan kreativitasnya untuk menjadikan tantangan yang dihadapinya menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat dapat memberikan keuntungan. Bahkan banyaksekali pengusaha yang beranggapan tantangan adalah sebuah peluang bagi mereka.


SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar