Senin, 09 Januari 2012

Manusia dan Tanggung Jawab



1.Makna Tanggung  Jawab
     Tanggung jawab dapat diartikan sebagai kesiapan dan kesediaan kita menerima segala kewajiban dan tugas-tugas yang diberikan kepada kita. Pengertian ini seharusnya mudah untuk dimengerti, tetapi jika kita diminta untuk melakukan hal sesuai definisi tersebut seringkali kita mendapatkan kesulitan.
     Banyak sekali orang yang menghindari tanggung jawab karena merasa tidak sanggup atau merasa keberatan untuk diberikan tanggung jawab.
     Banyak juga orang yang lebih senang melepas tanggung jawabnya dan meletakkan tanggung jawabnya itu di pundak orang lain, biasanya itu terjadi karena seseorang tidak berani atau takut bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri sehingga dia membiarkan orang lain menanggung beban tanggung jawabnya.
      Banyak kejadian di negara kita ini, yang disebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, malah sering dimenangkan atau diberikan bantuan berlebihan oleh lingkungannya dengan sangat tidak masuk akal. Sungguh sangat menyedihkan. Di masa kini, kita memiliki banyak orang yang mengelak bertanggung jawab karena mereka ingin mendapatkan keuntungan dari sikapnya itu.
     Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya

2.Makna Pengabdian
     Pengabdian merupakan kewajiban dari keberadaan kita di dunia ini. Kita terlahir ke dunia ini hanya untuk mengabdi kepada tuntutan hidup dengan memaknainya secara baik demi mendapat ridho dari Tuhan agar kelak kita dapat mendapat tempat terbaik ketika kita kembali ke sisiNya.
     Adalah kehormatan paling tinggi bagi manusia untuk menjadi hamba Tuhan dan tiada kehormatan yang lebih tinggi dari itu. Berusahalah untuk menghargai dan menghormati-Nya. Selama kau menghormati-Nya, kau akan memperoleh penghargaan dan penghormatan saat ini dan sesudahnya.
     Segala yang berasal dari kebaikan dan keburukan merupakan ujian bagi manusia karena mereka telah terpilih menjadi hamba Tuhan. Seorang astronot tidak dapat pergi ke luar angkasa tanpa                    
     Melalui seleksi, ujian dan pelatihan yang sulit dan ketat. Begitu juga halnya dengan menggapai surga.
     Oleh karena itu pengabdian sangatlah penting dan berharga dalam menggapai suatu kebaikan yang hakiki. Dengan pengabdian sepenuh hati niscaya kebahagiaan akan mengahmpiri.

3.Makna Pengorbanan
     Pengorbanan adalah sesuatu yang selalu kita lakukan, setiap hari kita selalu berkorban. Misalkan ketika kita harus bangun lebih pagi dari biasanya, kita mengorbankan waktu tidur kita dipercepat dari biasanya. Ketika kita sedang sakit, kita berkorban dengan tidak memakan makanan kesukaan kita sebagai pantangan dari dokter.
     Pengorbanan juga memiliki arti Memberikan segala sesuatu yang kita miliki baik materil pikiran ataupun nyawa untuk sesuatu yang kita anggap penting.
Sesuatu pengorbanan itu dilakukan dari hati yang paling tulus karena kita melakukannya dengan sepenuh hati untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan.
Pengorbanan bisa dikategorikan dengan beberapa macam,kita bisa mengorbankan waktu,uang,
jiwa dan raga,tenaga,pikiran,harta,harga diri,tergantung pengorbanan apa yang kita lakukan untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan dan memberikan hasil yang terbaik.
Didalam hidup pasti kita akan menemukan suatu tindakan pengorbanan karena jika kita ingin mencapai atau melakukan sesuatu dari hal yang terkecil kita harus pengorbanan terdahulu dan hasilnya pun akan menjadi yang terbaik,jika itu kita lakukan dengan sungguh-sungguh.
     Dalam menjalani kehidupan kita tidak lepas dari pengorbanan baik yang kecil ataupun besar, karena tanpa pengorbanan sulit untuk seseorang dapat mempertahankan kehidupan yang dijalaninya.
     Pengorbanan yang hakiki adalah pengorbanan yang tulus untuk mencari ridhaTuhan. Dan itu tentunya amat beragam, salah satu bentuk nya adalah berkorban untuk membela nama baik agama dan keyakinan yang kita anut.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar