Senin, 02 April 2012

Pengertian NKRI

     Dalam pembahan mengenai negara pastilah pengertian adalah faktor yang paling utama, pengertian suatu negara adalah sebagai hal utama yang akan sebelum hal-hal lain tentang negara akan dibahas. Berikut ini akan kita pahami pengertian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    
      Tuhan telah menciptakan manusia di muka bumi ini sebagai makhluk yang paling sempurna. Walaupun demikian, antara manusia satu dengan manusia yang lain tidaklah mungkin bisa hidup sendiri. Manusia pastinya tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini.
      
     Apakah yang dimaksud dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia?? Untuk dapat mengetahui dan memahaminya maka pelajarilah penjelasan berikut di bawah ini.

     Kita semua merupakan bangsa Indonesia yang bertempat tinggal dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adapun pengertian/definisi dari “bangsa” dan “negara” mempunyai suatu perbedaan. Bangsa merupakan suatu masyarakat di dalam suatu daerah yang sama dan juga mereka pun patuh kepada kedaulatan negara. Bangsa juga merupakan suatu persekutuan hidup yang mana berdiri sendiri dan juga pada setiap anggota persekutuan hidup yang disebutkan itu merasa mempunyai kesatuan ras, bahasa, agama, dan juga adat istiadat.
    
      Jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki rasa kesatuan dalam hidup bermasyarakat, saling bersatu sebagai sesama masyarakat dalam satu negara, saling membantu karena manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri dalam suatu wilayah negara.

http://blog.unnes.ac.id/davinablog/2010/11/23/pengertian-negara-kesatuan-republik-indonesia/ 

1 komentar: